Mahasiswa Baru



Hallo , balik lagi nih sama tulisan gue ..
Kali ini gue gabakal posting soal tempat-tempat wisata dulu, dan gue juga masih hutang satu postingan soal liburan murah di jogja :D

Kali ini gue bakal cerita tentang suka duka nya jadi mahasiswa baru nih .Fyi gue lagi menempuh pendidikan Semester 3 di Undip, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah keluarga gue berdomisili di Bekasi Jawa Barat. Nah tulisan ini Cuma sebagai referensi  aja ya syukur bisa di ambil hikmahnya buat kalian yang jauh dari orang tua alias mahasiswa rantau :v . Kalo kalian pernah denger kalimat “Homesick” nah gue rasa sebagian dari kalian anak-anak rantau dan kalian yang akan menjadi anak rantau pastii bakalan ngerasain yang namanya homesick ini guys.


Oke hal pertama yang bakal bikin kalian kaget mungkin “Menyiapkan segala sesuatu sendiri” nah mungkin bagi kalian yang masih suka nyuruh-nyuruh orang tua atau ga pake jasa pembantu rumah tangga ataupun bagi kalian yang jarang banget nyiapin masakan dll bakal syok banget wkwkwk karena jujur Satu minggu gue jalanin ospek di 2hari terakhir gue sakit padahal ospek jurusan menurut gue ga seberat waktu sma nihh karena di jurusan gue sendiri jarang banget ada penugasan yang aneh-aneh ya paling suruh minta tanda tangan temen jurusan satu angkatan :D its easy dan panitia nya juga ga galak ko. Nah ketika gue masuk rumah sakit kalimat yang keluar dari dokter “Jangan kaget semarang kaya gini, adaptasi  lagi. Semarang bagus ko kota nya” dan gue heran aja apa yang bikin gue bisa kena selang oksigen sama infus padahal seumur hidup gue setelah gue lahir gue belum pernah tuh pake gitu-gituan. Bisa kita Tarik kesimpulan bahwa gue rada kaget sama kehidupan gue selama jadi mahasiswa baru kah???? Why?? Mungkin …

1. Dari lu bangun tidur sampe ketemu tidur lagi yang namanya makanan , nyuci baju, nyapu,ngepel bakal lo lakuin sendiri pokoknya segala aktivitas yang berbau rumah tangga bakal lo lakuin sendiri

2. Antara pekerjaan rumah tangga dan belajar bahkan ngerjain tugas harus imbang guys bagi gue kesempurnaan itu mutlak .

3. Bagi kalian yang gabisa masak mungkin bisa aja beli junkfood atau makanan lainnya, tapi ketika kalian jadi mahasiswa baru kalian gabisa asal beli makanan junkfood gituuu, selain kalian harus hemat kalian juga harus mikirin factor kesehatan karena nanti ga bakal ada tuh yg namanya ada sayur yang mateng sendiri di meja atau selalu ada mama yang mengingatkan untuk makanan yang sehat dan bergizi

4. Kalian di tuntut mikir tiap hari mau makan apa , why?? Di lain kalian harus hemat kadang gue suka bosen aja sama makanan di sekitaran tembalang karena isinya kalo ga ayam ya ikan masuk ke warteg ya gitu-gitu aja . masuk ke tempat makan bagus dikit menu nya sama aja nah ini nih yang bikin gue syok pertama kali karena gue gabisa merasakan kenikmatan makanan bahkan nasi sama sayur sop aja bikin gue eneg hingga akhirnya gue memutuskan untuk jarang makan . bahkan gue coba masak indomie , tapiiii ternyata entah kenapa rasanya beda.

5. Hidup hemat. Ini nih salah satu tantangan gue sebagai mahasiswa rantau walaupun orang tua gue bukan tipekal orang yang perhitungan tapi entah mengapa gue jadi jarang banget buat minta tambahan uang jajan karena ngerasa kasian aja gituuu mereka kerja masa gue disini buang-buang duit. Dan gue ngerasain banget gimana rasanya lo harus bagi itu duit buat makan dan beli kebutuhan sehari-hari .

6. Temen yang berbagai macam kalangan. Hal ini bisa bikin kalian syok apalagi kalo ketemu sama orang dari luar jawa bahkan sama yang dari jawa nya langsung aja masih suka bikin gue bingung karena gue ga begitu bisa mengucapkan Bahasa jawa. Tapi lama-lama pasti kalian ngerti lah sedikit sedikit

Kalo di Tarik kesimpulan sih sebenernya homesick itu lebih ke kaget dengan kehidupan baru karena tidak sesuai dengan kebiasaan-kebiasaab di rumah  dan pasti kalian rindu sama suasana rumah. Jangan harap dunia kuliah itu santai kaya di film-film karena gue liat sendiri temen-temen gue terutama yang dari saintek waah gila kerjaannya ngurusin laporan dan revisi tiap hari. Mahasiswa baru juga di tuntut mandiri karena bagi kalian anak rantau kalian hidup bagaikan ga punya siapa-siapa mau ngeluh , ngelluh ke siapa? Orang tua? Kasian dong…

Jadi setelah sekitar 3 Bulanan gue mengalami homesick dan belum bisa menerima kenyataaan bahwa gue mahasiswa yang bener-bener tanpa pengawasan orang tua akhirnya gue menemukan sedikit solusi akan hal ini yaitu “Sibukan dirimu dengan hal positif” Bisa kalian ikut organisasi,kepanitiaan,part time job, atau hal-hal yang bikin hari-hari kalian tuh ga hampa yang selalu ketemu banyak orang . karena setelah 3 bulan gue jadi mahasiswa baru gue iseng ikut magang BEM Fakultas tuh dan alhasil homesick gue sedikit demi sedikit hilang. Jadi kalian jangan jadi anak-anak rantau yang keseringan pulang ke rumah karena buang-buang duit ya mending kalian isi kekosongan waktu kalian buat ikut kegiatan-kegiatan kampus ya walapun itu hak kalian juga mau jadi mahasiswa tipe apa (Mahasiswa kuliah-rapat,Mahasiswa Kuliah-Pulang)

Nah itu sedikit pengalaman yang gue rasain sebagai mahasiswa baru undip 2017J

Comments