Punthuk Setumbu , Magelang Jawa Tengah


Halo, blogger …
Ga berasa udah di pertengaha 2018 aja, ga terasa juga gue kuliah udah masuk semester 3 yang kata orang sih bakal banyak tugas. Well , kali ini gue bakal posting cerita gue tentang perjalanan ke Punthuk Setumbu yang nge-hits karena film ada apa dengan cinta 2 nih..

Sebenernya perjalanan ini udah gue rencanain dari 3 tahun lalu atau sejak gue kelas 2 smk tapi tuhan tidak menghendaki dan akhirnyaaaa baru lah di libur semester 2 sekaligus menjelang lebaran gue bisa ke setumbu.

Singkat cerita , gue dari semarang berangkat sama sepupu gue vanni sekitar pukul 02.30 WIB dengan menggunakan transportasi pribadi , bukan hal biasa lagi soalnya gue juga bolak balik magelang-semarang-jogja naik motor, kadang naik mobil. Oke perjalanan sampai magelang kota menghabiskan waktu ±1,5 Jam kalo lu nyetir nya biasa aja biasanya mengahbiskan waktu 2 jam  hehehehe . Sampai di magelang sebenernya gue bisa aja pulang dulu ke rumah mbah, tapi ya bagi kalian yang punya kesulitan dalam izin mengizin urusan “Jalan-Jalan” gue saranin langsung ke setumbu atau cari homestay di sekitaran punthuk setumbu aja. Awalnya gue udah rencanain buat cari penginapan di sekitaran setumbu , bahkan udah booking homestay di aplikasi traveloka juga nih tapi berhubung tuhan tidak menghendaki akhirnya gue singga buat makan sahur dan naruh tas ke rumah temen gue Dani yang kebetulan juga udah sampai magelang .

Sekitar habis subuh kira-kira 04.45 gue berangkat dari rumah dani di daerah tempuran magelang buat rute nya sendiri gue kurang tau sih soalnya keadaan emang gelap banget dan berhubung dani tau jalanannya jadi nya dia lewat daerah kampung gitu, tapi kalo kalian masuk nya lewat tugu Borobudur insya allah ada petunjuk jalan nya dan percayain aja pake google maps katanya hehehe walaupun kadang suka di bikin bingung sendiri sama google maps hahaha maka dari itu buat kalian yang travel pemula atau gaada kenalan buat di ajak naik ke setumbu gue saranin cari homestay aja solanya di deket parkiran puthunk setumbu nya juga ada homestay gitudehhh.. kisaran harga nya ada yang mulai dari 100.000-600.000 juga ada tergantung berapa budget kalian.

Sesampai nya di Punthuk Setumbu kalian dari parkiran harus naik dulu nih guys, dan gue saranin pas kalian naik itu gausah bawa barang-barang yg berat dan ga penting ya karena buat kalian yang jarang olahraga bakal berasa cape banget, jadi gue saranin cukup bawa uang , tas kecil,minuman,cemilan,kamera,dan trypoad nih guys. Sama jangan lupa pake jaket dan sepatu yaa soalnya kalo kalian mau berburu sunrise disini cukup dingin hawa nyaaa.

Sekitar pukul 05.15 gue sampai di setumbu, keadaannya ga begitu rame karena masih bulan puasa, dan biasanya rame di musim-musim liburan gitu . Di atas juga ada yang jual kopi dan makanan penghangat gitu deh, nah di sini nih bagi kalian yang mau nunggu sunrise dan kalo kalian beruntung dapet awan yang cerah kalian bakal liat matahari terbit dengan latar candi Borobudur dan pegunungan yang mengelilingi magelang. Tapi sayang waktu gue kesini Cuma bisa melihat sunrise sebentar aja soalnya awan nya lagi mendung. Setelah itu gue lanjut jalan ke geraja ayam nih guys, fyi harga tiket punthuk setumbu dan gereja ayam masing-masing Rp 15 .000 , parkir Rp 2,000 jadi kalian kalo kesini minimal bawa uang Rp 50.000 ya guys .

Nah Lanjut ke geraja ayam , jalanannya juga setapak gitu gengss nah kalo kalian inget salah satu scan rangga dan cinta lari-lari di bukit nah itu adalah satu rute buat ke gereja ayam . kalo kalian dari setumbu bisa jalan kaki buat ke gereja ayam kalo kalian gamau ke setumbu kalian bisa langsung naik jep buat sampai ke gereja ayam nya nih .

Nah sampai di gereja ayam , kalian di minta buat nunjukin tiket yang udah di beli tadi di punthunk setumbu  nya dan tiket gereja ayam nya ini nanti di tuker snack dan coffe break di atas. Buat yang kesini tahun 2017-2018 pasti nya kalian udah ga bakal dapet suasana rangga cinta nya ya gengs hahahaha soalnya bangunan nya juga udah di bikin menarik dan punya nilai jual tersendiri nih gengs, gereja ayam nya juga udah ga kaya di film aadc 2 juga yaa, karena dinding nya juga udah di gambar-gambar gitu dehh tangga nya emang masih kayu tapi bukan kayu rapuh ya :D
Buat kalian yang baru pertama kali ke gereja ayam kalian bakal di jelasin sejarah singkat dan spot-spot yang ada di gereja ayam oleh petugas di pintu masuk, gue ga bakal jelasin di sini biar kalian dateng langsung kesana aja hehehe. Kemudian kalian bakal naik tangga kaya rangga dan cinta nih guys, setelah itu kalian bisa langsung naik ke kepala ayam nya fyi buat naik ke kepala ayam nya harus ngantri ya soal nya di atas tempat nya kecil dan kasian kalo banyak orang kalian ga bakal bisa foto :D

Setelah itu kalian bisa turun terus ke area sebelah kiri dan nuker tiket nya sama snack tadi , dan kalian ketika di gereja ayam gaakan pernah nyesel karena kalian di kelilingi bukit dan gunung yang cantik banget nih guys.

Nah ini ada foto-foto waktu di punthuk setumbu – Gereja Ayam nih guys,


 
   

 Ini buat kalian yang penasaran sama setumbu , bisa langsung di klik https://youtu.be/VoM_Ir5sYZI



 next cerita gue bakal posting tentang trip satu hari di jogja bagi kalian traveler yang minim budget hehehe



Comments